Software akuntansi laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, manufacture, non profit/nirlaba/LSM/NGO sangatlah banyak tersebar dimanapun dan dengan berbagai harga yang ditawarkan, namun apakah software tersebut akan cocok dan support dengan usaha anda. Sudah pasti belum tentu, karena kebutuhan supporting software hanya anda sendiri yang bisa menentukan, baik dalam bentuk jenjang kemutakhiran atau daya gunanya.

Software akuntansi laporan keuangan bisa kita buat sendiri tentunya, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada pada komputer kita yaitu dengan menggunakan microsoft excel.

Tentunya sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui hasil usaha mereka, dan yang biasanya dijadikan patokan adalah Laba Rugi.

Kebanyakan orang awam menganggap perhitungan laba rugi hanya tinggal menghitung jumlah pemasukan uang dikurangi jumlah pengeluaran. Dah hanya itu!?
Anggapan seperti itulah yang kadang membuat pengusaha merasa usahanya sia-sia karena terlalu banyaknya pengeluaran.

Sebagai informasi bahwa Perhitungan laba rugi adalah total pendapatan dikurangi beban. Beban disini ada yang berupa beban operasional dan juga ada beban produksi jika perusahaan manufactur. Untuk contoh perhitungannya bisa dilihat di www.softwarelaporankeuangan.com.

Laba Rugi

Pengusaha?! Anda jangan menyerah dulu, yang jadi pengeluaran anda bisa jadi itu adalah harta anda, misalkan anda membeli peralatan seperti laptop. Laptop ini adalah harta anda dan akan menjadi asset jangka panjang buat usaha anda dan penempatan penyimpanannyapun bukan di laba rugi tapi di Neraca.

Perlu anda ketahui juga bahwa unsur dalam laporan keuangan itu diantaranya Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi,Laporan Perubahan Ekuitas (Modal), Arus Kas, dan kelengkapan lainnya seperti Buku Besar, Neraca Lajur, dan Penyusutan Aktiva Tetap.

Neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan pada akhir periode tertentu. Dimana mencakup asset, liabilitas, dan ekuitas (modal).

Lalu bagaimana cara pembuatan laporan keuangan yang layak?!

Untuk menyusun suatu laporan keuangan yang layak tentu saja kita perlu tahu terlebih dahulu langkah langkah dalam pembuatan laporannya, dan dalam hal ini kita akan coba membuat software laporan keuangan yang layak dengan menggunakan excel agar bisa mengurangi resiko kesalahan ketika perhitungan angka.

Sebagai contoh kita akan membuat laporan keuangan perusahaan manufacture/pabrik.
Dan langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat daftar akun terlebih dahulu.

Berikut contoh daftar akun:
Ref.

Selanjutnya daftar Akun ini kita beri nama Ref.

Setelah itu siapkanlah sebuah sheet untuk membuat form Jurnal Umum. Berikut contoh Jurnal Umum yang bisa dijadikan patokan.
JU

Untuk mengurangi kesalahan di colom D6 anda bisa menggunakan rumus =vlookup(D6,Ref!$A$4:$B$26,2), sehingga nantinya anda cukup mengisi colom C saja dan Nama Akun di colom D akan secara otomatis keluar. Setelah rumus terbentuk anda bisa copy paste ke colom dibawahnya. Dan sheet ini kita beri nama “JurnalUmum”.

Kemudian masih dalam Sheet “Jurnal Umum”, untuk membuat jumlah saldo tiap nama akunnya kita akan membuat penjumlahannya.

Misalkan kita akan membuatnya pada baris ke-91 (terlihat pada gambar dibawah).
Dan pada colom G92 buatlah rumus

=SUMIF(C6:C50,D92,G6:G50)

Setelah itu enter, dan copy paste rumus diatas pada colom dibawahnya.
Pada colom H92, rumusnya sama dengan rumus diatas, hanya huruf G diganti dengan huruf H.
Sum JU

Jika nantinya diperlukan buatlah sheet “AJP&Penutup”, dan pembuatannya hampir sama seperti Jurnal Umum.

Kemudian buatlah Neraca Percobaan dimana hanya akan memuat hasil dari saldo tiap akun diatas.
Trial Balance

Pada colom C5 buatlah rumus =JurnalUmum!G92-JurnalUmum!H92, kemudian copy paste ke colom dibawahnya.

Setelah itu buatlah Neraca Lajur pada sheet selanjutnya untuk memudahkan kerja kita.
Work Sheet

Ketiklah rumus rumus diatas, kemudian copy paste pada colom dibawahnya.

Setelah tahapan-tahapan diatas beres, lalu kita akan membuat Laporan Laba Rugi,
LR

Laporan laba rugi ini mengacu pada Neraca Lajur yang sudah kita buat, jadi jika neraca Lajur yang kita buat salah, maka hasil perhitungan laba rugipun akan ikut terpengaruh.

Untuk rumus Laporan Laba Rugi ini bisa dilihat pada gambar diatas.

Selanjutnya Neraca, konsep pembuatan neraca tidak jauh beda dengan pembuatan Laporan Laba Rugi, yaitu mengacu pada Neraca Lajur yang sudah kita buat sebelumnya.

Untuk tampilan Contoh Neraca bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Neraca

Tampilan Laporan Neraca

Bagaimana?!

Jika anda merasa malas membuatnya dan ingin mencoba trialnya langsung, bisa anda lihat di
www.softwarelaporankeuangan.com
Bahkan jika anda ingin langsung dibuatkan software akuntansi laporan keuangan seperti ini anda juga bisa langsung menghubungi nomor contact yang ada di situs ini.

Baca Artikel Lain’nya:

Laporan Keuangan Perusahaan

Perusahaan perseorangan, perseroan terbatas, perusahaan jasa, perusahaan dagang, perusahaan manufaktur/industri. Laporan keuangan perusahaan tentunya berbeda-beda tergantung dari jenis usahanya. Untuk itu kita harus mengetahui...

Gambaran Umum Laporan Keuangan

Mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu perusahaan sangatlah penting untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut, dan kondisi keuangan suatu perusahaan akan dapat diketahui dari laporan keuangan...

Laporan Keuangan Perusahaan Nirlaba / Non Profit / LSM / NGO

Software akuntansi laporan keuangan perusahaan nirlaba adalah salah satu alat untuk menyusun suatu laporan keuangan perusahaan nirlaba. Software ini dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada, salah...

Akuntansi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Pembuatan Software Akuntansi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang tidak jauh beda dengan Perusahaan Jasa, namun pada laporan keuangan perusahaan dagang akan muncul akun-akun antara lain: Merchandise Inventory Purchases Purchases...

Pelatihan Dasar Manajemen Keuangan Organisasi Non Profit

TUJUAN UMUM PELATIHAN Peserta diharapkan mampu memahami dan menyusun laporan keuangan organisasi nirlaba sehingga dapat digunakan sebagai dasar mengenai informasi keuangan yang dibutuhkan oleh organisasi. TUJUAN KHUSUS PELATIHAN...

6 Responses to Membuat Software Akuntansi Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Excel

  1. tantri niwnofur
    tantri niwnofur January 14, 2013 at 5:16 am | | Reply

    Thanx ya pak maman,, software laporan keuangannya. saya mendapat pengehuan baru,, dan lebih mudah membuat laporan keuangan.. GBU

  2. Luthfi
    Luthfi February 26, 2013 at 5:28 pm | | Reply

    Pak Maman, betul kata anda, tidak semua software keuangan memiliki kecocokan dengan usaha yg saya jalani skrng. Oiya, kalau boleh tau gimana caranya membuat aplikasi keuangan untuk perusahaan jasa seperti perusahaan yang bergerak dibidang jasa pariwisata, tour & travel atau seperti perusahaan kami yg bergerak dibidang haji dan umroh menggunakan excel. Mohon pencerahannya.

  3. harson
    harson May 12, 2013 at 3:57 am | | Reply

    Terimakasih Pak,,,
    Sangat BErmanfaat…dan Jelas sangat

  4. dadang tanto
    dadang tanto October 27, 2013 at 3:49 pm | | Reply

    terimakasih banyak atas bantuannya semoga amal baiknya dibalas oleh Alloh dg ber lipat lipat kebaikan pula Amiiin…

Leave a Reply